Get snow effect

Sabtu, 12 Maret 2011

13 Anak di Matawai Atu Kurang Gizi


Senin, 7 Maret 2011 | 10:46 WIB
WAINGAPU, Pos-Kupang.Com--Sebanyak 13 dari 139 anak balita di Desa Matawai Atu, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur mengalami kurang gizi.  Ke-13 anak gizi kurang itu rata-rata tersebar di dua posyandu desa setempat, masing-masing Posyandu Bunga Lontar sebanyak 10 orang anak gizi kurang dari 90 anak balita. Sementara di Posyandu Lestari terdapat tiga anak gizi kurang dari 49 anak balita.
 Theodora Gah (63), Kader Posyandu Lestari, kepada Pos Kupang di Melolo, Desa Matawai Atu, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, Kamis (3/3/2011), mengatakan, tiga balita dari dari 49 anak balita di Posyandu Lestari mengalami kurang gizi. Hal ini terjadi sejak tiga bulan terakhir. "Sejak tiga bulan terakhir saat ada kegiatan posyandu ada tiga orang anak yang mengalami kurang gizi," katanya.

Dia menjelaskan, masalah kurang gizi yang dialami anak-anak di wilayah ini disebabkan karena ketidakpahaman orangtua dalam mengasuh anak-anak. Para orangtua jarang memperhatikan kesehatan anak mereka, terutama soal makan-minum. Akibatnya, anak mudah diserang berbagai penyakit yang menyebabkan berat badan menurun. "Untuk kurang gizi yang dilihat yakni dari berat badan anak  dibandingkan dengan panjang badan," jelasnya. Hal senada dikatakan Salomince Migu (32), Kader Posyandu Bunga Lontar, Desa Matawai Atu.  Mince menjelaskan, masalah kurang gizi juga dialami sekitar 10 dari 90 anak balita di Posyandu Bunga Lontar.

"Kalau pakai standar KMS banyak yang kurang gizi, tapi sekarang ada regulasi baru, jadi hanya 10 anak yang masuk kategori kurang gizi," katanya.

Lebih lanjut Mince menjelaskan, terdapat dua orang anak gizi kurang yang sudah mengarah pada gizi buruk di Posyandu Bunga Lontar. Kedua orang anak tersebut berasal dari satu keluarga. Selain itu, untuk mengatasi persoalan gizi kurang, pemerintah melalui puskesmas melakukan pendampingan. "Mereka mendapat asupan gizi dari puskesmas berupa biskuit," tandasnya. (ee)

Anak Tidak Mau Makan

Di atas pangkuan seorang ibu muda, dua orang anak, masing-masing Fred Dealson (4) dan Joice Moreno (2) terus memeluk ibu mereka erat-erat.  Kedua anak ini berasal dari keluarga nelayan yang berdomisili di pinggir pantai ini.
Dua anak ini  tidak ingin jauh dari pangkuan sang ibunda. Mereka adalah dua dari 10 anak yang mengalami kurang gizi di Posyandu Bunga Lontar, Desa Matawai Atu, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur.

Melihat kedatangan Pos Kupang, Ny. Bertha Obet (28), ibu kedua anak gizi kurang ini  antusias.  Dia ingin mengisahkan nasib kedua anaknya. Bertha mengisahkan, anak-anaknya diketahui mengalami gizi kurang sekitar tiga bulan lalu. Saat itu, seperti biasanya setiap anak balita di Posyandu Bunga Lontar melakukan penimbangan berat badan yang dilakukan kader didampingi petugas kesehatan dari puskesmas setempat. "Sekitar tiga bulan lalu dua anak saya ini diketahui mengalami gizi kurang. Padahal saya kasih makan terus mereka," katanya.

Lebih lanjut istri dari Robinson Henrik (27) ini menjelaskan, dirinya tidak mengetahui alasan mengapa dua anaknya menderita gizi kurang. Namun Fred Dealson, salah satu anaknya  selama ini tidak memiliki nafsu makan. Sebaliknya, lebih senang  menikmati jajan yang dijual di kios. "Aduh ama, kalau makan jajanan itu mereka lebih senang," kisahnya.

Dia menambahkan, sejak diketahui menderita gizi kurang beberapa bulan  lalu, kedua anaknya mendapat bantuan makanan tambahan.  Bantaun yang diterima antara lain biskuit 18 dos dari puskesmas. Selain itu,  LSM juga memberikan bantuan berupa susu sebanyak satu dos (400 gram) per anak dan telur 13 butir. "Ada bantuan telur 13 butir dan susu yang kami terima untuk asupan gizi mereka," tandasnya. (ee)

1. http://waikamurasumba.blogspot.com/
2. terminalbloggerz
3. adsense indonesia
4. Bebaz Pikiran
5. Komizi Gratis
6. Bloger Sejati
7. Toko Buku
8. Smart
9. Kumpulan Bloger
10. kangociem






>>>>>>>>> waikamura sumba blog <<<<<<<<  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komentar anda untuk kemajuan info blog ini
Okey Gan...

Cara Melakukan Comment :
- ketikkan komentar anda
- Pilih format NAME/URL
- Isikan Nama anda dan alamat site(URL) anda
- Kosongkan saja bila URL(alamat site) anda tidak ada dan pilih anonymous.
- click poskan komentar

Terimakasih atas partisipasinya ^_^