Get snow effect

Kamis, 10 Maret 2011

BETHESDA KURUWAKI BUKAN AJARAN SESAT

Kupang-SI. Menanggapi pemberitaan yang telah dimuat pada harian Pos Kupang edisi 11 Januari 2011 mengenai punuduhan atas kegiatan yang telah dilakukan oleh anggota Persekutuan Doa Bethesda yang  dianggap sesat, dapat dikatakan bahwa harian umum Pos Kupang  sangatlah  tidak bijaksana karena hanya mengambil informasi dari beberapa pihak tanpa mengkonfimasikan masalah tersebut dengan anggota Persekutuan Doa Bethesda itu sendiri.
Anggota Persekutuan doa Bethesda lewat suratnya 08/2-2011 kepada redaksi Surya Inside, menyatakan bahwa tidak benar  ada persekutuan Doa Injili  yang sebagaimana ada dalam pemberitaan tersebut. Menurutnya Persekutuan Doa mereka ini berawal dari ibadah rumah tangga tapi karena adanya beberapa rumah tangga yang ingin bergabung maka mereka menginisiatifkan diri untuk membentuk satu Persekutuan Doa yang akhirnya diberi nama Persekutuan Doa Bethesda bukannya Injili yang dikatakan berasal dan diperkenalkan oleh Padmo da Pang. Nama Bethesda itu sendiri diambil dari Alkitab terbitan L.A.I dengan arti “tempat pengasihan” dan hal itu juga sudah diketahui oleh ibu ketua BPMJ GKS Kaliuda  Kabupaten Sumba Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur  Pdt,Mora Henggi,s.Th.
Adapun beberapa tuduhan dan fitnahan yang telah ditujukan pada Anggota Persekutuan doa Bethesda lewat pembritaan harian Pos Kupang mengatakan kami  telah ,
  1. Menyimpang dari ajaran Kristen atau memelintir isi alkitab.
  2. Tidak mengakui gereja.
  3. Tidak menerima perjanjian lama.
  4. Mengubah kata ‘Allah’ dalam Alkitab menjadi ‘Tuhan’.
  5. Tidak mengakui hari besar keagamaan dan hari ibadat seperti hari Minggu.
  6. Tidak mengakui pemimpin agama.
  7. Tidak memperbolehkan kidung atau puji-pujian.
  8. Tidak memperbolehkan kas di gereja karena dinilai sebagai sarang iblis.
Namun semua  yang di tuduhkan itu tidak benar,  karena mereka merasa yakin tidak pernah berbuat dan menjalankan ajaran mereka seperti beberapa tuduhan di atas, dan menurut mereka itu semuanya hanyalah fitnahan tanpa bukti semata.
Hal yang mengherankan bagi anggota Persekutuan Doa Bethesda adalah pernyataan salah satu tokoh agama Kristen di Kec. Pahunga Lodu yaitu Pdt.Emeritus dan Drs.Pala Hambarandi bahwa Persekutuan Doa Bethesda telah meresahkan masyarakat sehingga sampai ditanggapi serius oleh Wakil Bupati Sumba timur dalam hal ini  dr.Matius Kitu,Sp.B. sedangkan mereka berdua sendiri belum pernah bertemu langsung dengan Persekutuan Doa Bethesda karena berjauhan domisilinya.  Menurut  ketua BPMJ Kaliuda yang pernah bertemu langsung sudah menyatakan bahwa Persekutuan Doa Bethesda di Kuruwaki seratus persen tidaklah sesat begitupun yang dikatakan oleh guru Injil dan Kepala Desa
Kuruwaki.  Anggota Persekutuan doa Bethesda sendiri sangatlah menyayangkan akan jalannya klarifikasi dalam penyelesaian masalah tersebut yang terjadi pada tanggal 10 Januari 2011 yang dihadiri oleh Bapak Camat Pahunga Lodu yaitu Bapak Umbu Ngadu Ndamu,SH.M.Si  bersama seluruh Kepala Desa dan Semua Pemimpin dari kelima Agama yang ada beserta Pihak Polres, Polsek, Koramil, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama se Kecamatan Pahunga Lodu, dan tembusan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur, Ketua Sinode, Depag dan Kodim, tapi dalam pertemuan itu bukanlan Klarifikasi yang berjalan namun berubah menjadi ajang penghinaan bagi anggota Persekutuan Doa Bethesda.
Sangat  sayangkan karena dalam jalannya klarifikasi tersebut tidaklah pantas seorang pendeta dalam hal ini Pdt.Emeritus Marthen Njurumbatu yang sebenarnya menjadi panutan bagi para umat melakukan tindakan yang arogan seperti menghina dan memvonis apalagi mengancam untuk membunuh hanya karena ajaran dari persekutuan tersebut dianggapnya sebagai aliran sesat. Dan sebenarnya  Jalan yang ditempuh dalam penyelesaian masalah tersebut juga sangatlah salah karena tidak mengikuti tata gereja GKS yang seharusnya melalui aras klasis dan aras sinode lalu ke Depertemen Agama untuk diselesaikan bukannya melalui kepolisian apalagi TNI dan juga Apartur pemerintah dan ini merupakan kegagalan besar dari BPMJ GKS Kaliuda yang diketuai oleh Pdt.Mora Henggi,s.Th. (tim)


                                            >>>>>>>>> waikamura sumba blog <<<<<<<<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komentar anda untuk kemajuan info blog ini
Okey Gan...

Cara Melakukan Comment :
- ketikkan komentar anda
- Pilih format NAME/URL
- Isikan Nama anda dan alamat site(URL) anda
- Kosongkan saja bila URL(alamat site) anda tidak ada dan pilih anonymous.
- click poskan komentar

Terimakasih atas partisipasinya ^_^