Get snow effect

Jumat, 18 Maret 2011

Traffic Light Tidak Berfungsi



Laporan Jhon Taena
Jumat, 18 Maret 2011 | 09:38 WIB

 
WAINGAPU, Pos-Kupang.Com - Lampu lalu lintas (traffic light) di pusat Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, tidak berfungsi. Sejumlah tiang yang terpasang lampu lalu lintas hanya sebagai pajangan sehingga rawan kecelakaan lalu lintas.
Pantauan Pos Kupang di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Kamis (17/3/2011), kurang lebih ada enam titik ruas jalan yang dipasang lampu lalu lintas, namun rata-rata traffic light yang terpasang di perempatan atau pertigaan jalan tidak berfungsi.

Pengamatan Pos Kupang, kurang lebih dua titik jalur jalan
di Kota Waingapu dipasangi traffic light. Satu dari dua
titik lampu tersebut berada di pusat kota, yakni perempatan ruas Payeti, yang baru difungsikan sekitar lima hari lalu.
Selebihnya di pertigaan ke luar kota dan pusat perkantoran pemerintah yang belum diperbaiki.

Akibat tidak berfungsinya traffic light, setiap kendaraan yang
melintas sering melakukan pelanggaran. Hal ini berpotensi terjadi lakalantas.
Informasi yang dihimpun Pos Kupang di Waingapu, Kamis (17/3/2011), menyebutkan, sejumlah traffic light yang ada di Kota Waingapu sudah tidak berfungsi sejak satu tahun silam. Namun hingga saat ini belum ada upaya pemerintah melalui instansi terkait untuk memperbaikinya. "Hampir semua lampu pengatur lalu lintas tidak berfungsi sekitar satu tahun ini," demikian Ny. Martha, warga Kota Waingapu.

Dia minta Pemda Sumba Timur melalui instansi teknis agar memperhatikan masalah traffic light yang tidak berfungsi. Hal ini untuk membantu arus kendaraan dan pengguna jalan lainnya. Selain itu, menghindari kasus laka lantas yang rentan terjadi di perempatan jalan. (ee)

Optimalkan Traffic Light

LAMPU lalu lintas di pusat kota sangat penting untuk mengatur lalu lintas kendaraan bermotor. Traffic light dibangun di pusat kota agar tidak terjadi kemacetan. Selain itu, memudahkan pejalan kaki untuk menyeberang di jalan raya. Dengan demikian lakalantas bisa diminimalisir.

Di kota besar, berbagai agenda kerja bisa terhambat apabila terjadi kemacetan di salah satu titik traffic light. Di Waingapu, Ibukota Kabupaten Sumba Timur, yang cukup ramai dengan arus lalu lintas, telah diterapkan traffic light. Kurang lebih terdapat dua titik ruas jalan yang telah dipasangi lampu pengatur lalu lintas. Namun lampu ini belum dioptimalkan. Masyarakat belum menikmati manfaatnya. Hal ini karena sebagian besar traffic light tidak berfungsi lagi.

"Dalam waktu dekat kita akan optimalkan traffic light yang ada. Selama ini tidak berfungsi karena ada kerusakan teknis," jelas Kepala Dinas Perhubungan Sumba Timur, Gerald H. Palakahelu, di ruang kerjanya, Kamis (17/3/2011).

Dia mengatakan, sejak satu minggu terakhir perhubungan sudah mulai membenahi kerusakan traffic light, namun sejauh ini baru satu titik traffic yang sudah berfungsi.

Selain itu, Dinas Perhubungan masih melakukan sosialisasi kepada pengendara tentang traffic light agar warga terbiasa dengan traffic light.

"Jadi untuk sementara kita masih sosialisasi dan fokus di satu titik yang telah berfungsi di Payeti karena masyarakat masih terbawa dengan lampu merah yang tidak berfungsi selama ini," jelasnya. (ee)


>>>>>>>>> waikamura sumba blog <<<<<<<<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komentar anda untuk kemajuan info blog ini
Okey Gan...

Cara Melakukan Comment :
- ketikkan komentar anda
- Pilih format NAME/URL
- Isikan Nama anda dan alamat site(URL) anda
- Kosongkan saja bila URL(alamat site) anda tidak ada dan pilih anonymous.
- click poskan komentar

Terimakasih atas partisipasinya ^_^